>HUT Jakarta, Jakarta fair dan Jakarta Great Sale

>

Bulan Juni adalah bulan yang di nantikan oleh masyarakat Jakarta karena di bulan Juni ini kota Jakarta berulang tahun yang ke-482. Seperti Layaknya orang yang berulang tahun yang menyelenggarakan pesta perayaan, Jakarta juga menyelenggarakan beberapa event tahunan yang pelaksanaannya berbarengan dengan datangnya HUT Jakarta.

Ada PRJ – Pekan Raya Jakarta atau sekarang dikenal dengan JFK – Jakarta Fair Kemayoran yang di selenggarakan dari tanggal 11 Juni sampai 12 Juli 2009. untuk info lengkap tentang JFK – Jakarta Fair Kemayoran bisa klik disini . Selain JFK – Jakarta Fair Kemayoran, Jakarta juga punya satu event tahunan yang tak kalah dengan negara tetangga. Kalau Hongkong punya Summer Sale, Singapura punya The Great Singapore Sale, Malaysia punya Malaysia Great Sale maka Indonesia punya satu event belanja tahunan bernama Jakarta Great Sale.

Apakah Jakarta Great Sale itu?
Jakarta Great Sale pertama kali diselenggarakan pada tahun 1998, Saya ingat Event ini sempat berganti nama beberapa kali dari Festival Pertokoan, Pesta Diskon, Pesta Diskon Jakarta sampai akhirnya menjadi Jakarta Great Sale. Nama terakhir ini Terdengar lebih keren dan terkesan ada sale yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Jakarta. tapi memang begitulah kenyataannya, Jangan heran jika mulai tanggal 14 Juni s/d 14 Juli 2009 ketika kita berkunjung ke seluruh mal-mal besar di Jakarta kita akan menjumpai tulisan Jakarta Great Sale. Seperti nya Event Jakarta Great Sale sudah menjadi Event Tahunan yang wajib diikuti oleh pengelola mal di Jakarta.

Awalnya event ini kurang terdengar gaungnya di tahun 1998, mungkin karena saat itu Indonesia sedang mengalami krisis moneter, Saat itu animo masyarakat pun biasa saja tapi semenjak kondisi ekonomi kita mulai stabil Jakarta Great Sale – JGS mulai menjadi event tahunan yang dinantikan oleh masyarakat Jakarta. Berbagai brand lokal dan Internasional memeriahkan Jakarta Great Sale. Tahun ini JGS mengangkat tema “The Great Sales Payment” tema di atas berarti pengabungan antara penjualan dan entertaiment. tak heran jika pada JGS tahun ini tak hanya brand lokal dan internasioanal yang berpatisipasi tapi juga meliputi tempat hiburan, spa, hotel, dan maskapai penerbangan lokal. Ada harapan besar Event JGS juga bisa menjadi ajang untuk menarik wisatawan mancanegara seperti event sale yang diselenggarakan dibeberapa negara tetangga, karena tanpa kita sadari banyak WNI yang melancong ke negara tetangga hanya untuk berbelanja. di tahun 2006 dalam kunjungan saya ke negeri tetangga, saya sempat mendapati beberapa WNI yang terlihat kalap memborong sepatu bermerek VIN*** di salah satu pertokoan di malaysia. bahkan perempuan yang sebut saja bernama Della itu bilang bahwa agenda tahunan dia belanja adalah ketika ada event sale besar-besaran di negara tetangga.

Jadi Mungkinkah JGS bisa menjadi ajang untuk menarik wisatawan asing seperti yang dilakukan oleh negara tetangga? Jika singapura bisa menggabungkan event Singapore great sale dengan pariwisata dengan iklan besar-besaran di media cetak dan media elektronik di indonesia, bukan suatu yang mustahil juga jika JGS diharapkan bisa ikut membantu menjadi daya tarik wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia. Oh ya jika di negara tetangga event sale terbesar diselenggarakan berbarengan dengan HUT negara-nya kenapa di Indonesia justru di selenggarakan pada saat HUT Jakarta ya? padahal rasanya lebih seru kalau dilaksanakan pada saat perayaan hari kemerdekaan RI jadi tidak hanya mal-mal di Jakarta saja yang mengadakan sale tapi mal di seluruh Indonesia serentak menyelengarakan sale, yang saya ketahui pada saat HUT RI memang ada event sale tapi gaung-nya kok tidak seheboh JGS. tapi terlepas dari kapanpun tanggal penyelenggaraan event sale tersebut, sale adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu terutama oleh para perempuan, bahkan oleh saya yang mengaku telah “muak” dengan mal karena sehari-hari kerjanya selalu berhubungan dengan mal-mal besar di seluruh indonesia :).

Dan Akhirnya saya ingin mengucapkan Selamat ulang tahun Jakarta, selamat berbenah semoga semakin cantik dan anggun, seanggun ketika saya melihat Jakarta pada dinihari tanpa asap dan kemacetan. selamat membenahi transpotasi publik yang terlihat sangat mengkuatirkan. Semoga Trans Jakarta-nya bisa maksimal membantu masyarakat yang setiap hari menggunakan transpotasi publik, secepatnya di realisasikan pembangunan monorel dan subway-nya syukur-syukur bisa seperti MTR nya hongkong hehehe. ayo jangan kalah dengan Thailand yang meskipun lalulintas-nya kacau seperti Jakarta tapi sudah memiliki MTR.

Advertisements

6 thoughts on “>HUT Jakarta, Jakarta fair dan Jakarta Great Sale

  1. >@oe-neel : hehe tku vi, kalo di hongkong sih ada MTR (Mass Transit Railway) ngarepnya jakarta punya yang spt itu *in u're dream* yakk :p entah yang di Thailand namanya apa. JGS mo belanja ya?

  2. >ngomong2 soal perbandingan Great Sale di Indonesia dan Great Sale di Malaysia, or Singapura…agak2 OOT [out of topic] komennya gpp yee.. : suka miris gak sih jeung kalo ngeliat iklan pariwisatanya Malaysia dengan lagu 'Malaysia Truly Asia' yg terkenal itu? or Singapura, or even India [coba liat iklan pariwisatanya India deh, KUEREN BUANGET NGET. kayak iklannya Discovery Channel] dan bandingkan dengan iklannya Enjoy Jakarta… hidih, juauuuuuuuh buangeeet!pernah bertanya KENAPA? MENGAPA? ada blogger yang pernah menganalisa masalah iklan kyk gn gak ya? penasaran banget soalnya. tapi kalo mau nulis tentang perbandingan IKLAN kayak gn, jelas bukan bidangku lah ya, hehehe…nah sekarang komen yg nggak OOT :jangankan JF or JGS, Surabaya sepanjang Mei punya SBS [Surabaya Big Sale] aja, diriku tidak tertarik mengikutinya. Ntah mengapa, hasrat berbelanja sudah surut sejak menikah. Sekarang kalo punya duit berlebih, udah ga kepikiran beli sepatu or tas buat diri sendiri. Pengennya ngedandanin suami, hehehe….MAAP JEUNG KEPANJANGAN… hihihi…

  3. >@ndutyke : Iya miris banget lihat iklan Enjoy Jakarta…. jauh banget dengan iklan sale plus pariwisata negara tetangga. budget-nya yang kurang atau SDM yang buat iklan-nya nga ok? aduhh maap nih yang ngerti tentang iklan bantu jawab dong :p tentang belanja, sekarang ak juga jarang belanja di mall tyk, tapi tetep mau nga mau harus ke mall karena kerjaanku mengharuskan aku *kelayapan* ke mall hihihihi@amir_breeze : makasih info-nya udah ditengok kok, makasih juga udah mampir ke sini :)@fenty fahmi : modelnya emang keren-keren fent [nga heran banyak cewek-cewek indonesia yang rela ke malaysia ketika datang sale] tapi biasa aja kok rasanya klu dipake [aku malah lebih suka satu brand yg berasal dari bdg :p] di gedung sebelah kantorku VIN*** sering sale lhoo aku pernah beli harganya 60rb 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s