Mengejar Impian ala Kdrama

Kamu team #dodal atau #jidal ?

Topik seru yang sedang menjadi trending di beberapa sosial media seperti twitter atau instagram. Melihat perang komen para fans garis keras-nya #NamJooHyuk dan #KimSeonHo bikin ketawa ngukuk.. tingkat halu para Fans beneran atau haters yang nyamar jadi fans (lawan si aktor) kadang sudah diluar batas wajar, beberapa akun “centrang biru” pun dengan terang-terangan mengiring followers nya untuk pro ke salah satu aktor jagoannya. Yang lebih serem-nya itu saya pernah lihat orang komen kasar bodoh-bodohin main lead male-nya Bahkan nyumpahin mati atau nyuruh bunuh diri… Nonton drama kok dibaperin sampai dibawa ke dunia nyata ūü§≠

Pertama kali dapat info kalau  Nam Joo Hyuk dan Bae Suzy akan berperan sebagai Nam Do-San dan Seo Dal-mi di drama Startup saya sudah yakin startup bakalan sukses menarik perhatian para pecinta kdrama, Secara Visual mereka berdua cakep dan cucok banget… dan ternyata writer-nim nya pun pinter bikin alur membolak-balikan hati warga +62 yang gampang halu dan mudah tersentuh dengan penderitaan 2nd lead yang yatim piatu. Karena mudah bersimpati akhirnya Netizen +62 tidak bisa membedakan antara drama dan kehidupan nyata, Kemudian komen “nyampah” di akun aktor/aktris nya pun kebanyakan berbahasa indonesia atau bahasa daerah di indonesia. asli nga kebayang gimana komennya Knetz atau fans dari negara lain. Netizen Indonesia…. kalian luar biasa!

Jujur ketertarikan pertama saya mau nonton kdrama startup adalah karena NJH + Bae Suzy adalah main lead-nya. Deskripsi NJH menurut saya adalah Sosok dedek gemes yang cukup mencuri perhatian karena wajahnya yang emang enak dilihat, aktingnya juga bagus plus dengan tampilan ABS bikin pikiran awur-awuran kayak akun instagram-nya NJH yang sukangawur (skawngur) ehh gimana? hehehe…. Saya bukan Fans garis kerasnya NJH, cuma kebetulan saja sempat mngikuti perjalanan karirnya. Mulai kenal sosok NJH pas tanpa sengaja lihat MV Akmu 200% di youtube, kala itu Joo Hyuk masih bocah sekolahan banget, kemudian lihat lagi di  cheese in the trap jadi Kwon Eun-taek si bucin-nya Jang Bo-ra, karena belum dapat peran utama jadi belum kelihatan aktingnya. Yang menarik itu waktu NJH tampil di Three meals a day, disini jadi maknae kesayangannya para hyung di TMAD. Seperti biasa kalo nonton sesuatu tentang korea yang jadi perhatianku pasti makanannya (padahal aku nga terlalu suka makanan korea juga sih) di TMAD seneng banget lihat cara makan Joon-hyuk, Dia juga Sigap bantuin para hyung yang sibuk masak dan beneran lhoo yang dibilang dal-mi di startup kalo tangannya NJH besar, magic hand! Karena dia anggota paling muda, jadilah paling disayang. Lucu banget lihat Son Ho-jun ngelus-ngelus kepala NJH pas dia kejedot tiang atau lihat matanya Joo-hyuk berbinar-binar waktu Chajumma (Cha Seung-won) nyuruh NJH makan. Padahal cuma makan telor sisa goreng sosis aja lihatnya nikmat banget hehehe..

Di Weightlifting fairy kim bok joo¬† NJH berperan jadi Jung Joo-hyung bareng¬† lee sung-kyung, udah mulai jadi main lead male jadi aktingnya juga mulai kelihatan. Penampakan wajahnya kiyowo, body-nya masih belum “jadi” kayak sekarang. Tapi menurut saya akting nya Joo-hyuk mulai menunjukan kemajuan pesat itu waktu jadi Lee Joon-ha di Dazzling (the light in your eyes) bareng sama Han Ji-min dan sepertinya Uri Nam Joo-hyuk emang cucok project-an sama Han Ji-min noona yaa.. soale di desember 2020 ini akan rilis film projekan terbaru mereka, judulnya Josee. Lihat teaser nya bikin penasaran sama akting nya NJH dan HJM di film Josee. Sama penasarannya dengan film terbarunya Park Bo-gum dan Gong yoo yang rilis desember 2020 berjudul Seo bok.

Ok lupakan sejenak pesona Nam Joo-hyuk, mari kita kembali ke fenomena orang rajin (kembali) nonton drama korea. Saya sendiri mulai ngedrakor (lagi) ketika memasuki masa pandemi. Aktivitas yang berkurang dan tuntutan untuk #dirumahsaja membuat perubahan rutinitas harian yang cukup signifikan. Kalau sebelum pandemi seharian beraktivitas diluar rumah trus pas nyampe dirumah sudah malam, sudah capek, mau nga mau langsung istirahat. Semenjak pandemi covid-19 rutinitas berubah, bangun tidur siap-siap WFH (Work from home) Karena kerjanya dirumah dan tidak ada jeda waktu perjalanan, Sore hari selesai kerja masih banyak waktu tersisa.. diawal pandemi masih aktif di WAG group tapi ya gitu lama-lama bosen karena akhirnya banyak nge-ghibah sering berkeluh kesah. Mencoba Explore dapur pun hanya menjadi kesenangan sesaat, semenjak PSBB berakhir dan layanan gofood atau grabfood sudah mulai ada lagi ya kembali ke kebiasaan lama, males nyuci peralatan dapur kalau selesai masak jadi nyari yang praktis dengan delivery order. Lagian dengan belanja kembali via UMKM tujuannya agar perekonomian Indonesia lebih cepat membaik khan yaa? tetep mencari pembenaran hahaha..

Oiya salah satu cara mengusir kebosanan di kala pandemi adalah mengurus tanaman.Menyibukkan diri dengan tanaman juga awalnya menarik, tapi setelah lihat teras dan taman rumah yang berubah menjadi hutan kecil akhirnya ya nga mau nambah koleksi tanaman lagi, cukup merawat yang sudah ada… Setelah bolak-balik cari alternatif pengusir rasa suntuk karena pandemi, Akhirnya saya menemukan keasyikan baru dengan ngedrakor lagi, lumayan memanfaatkan koneksi wifi yang lumayan kenceng dirumah.. Meskipun menyukai drakor, aku termasuk orang yang pilih-pilih tema drakor… Harus begitu dong yaa.. nga cuma dapet hiburan, harusnya kita dapet moral of the story dari drama atau film yang kita tonton, biar nga sia-sia waktu yang telah kita pakai. sok bijak hehehe..

Di tahun 2020 ini saya sempat menonton kdrama Itaewon class, Record of Youth, Do You Like Brahm dan Startup yang tema-nya follow your dream atau ikuti mimpimu dech! Saya merasa keempat Kdrama itu Relate banget sama kehidupan anak muda jaman sekarang, Alur cerita yang menceritakan kebingungan anak muda usia 20th an yang ingin sukses¬† tapi kendala-nya banyak… Dari tuntutan orang tua, lingkungan, minim pengalaman, belum stabil emosional dan finansial,¬† rasa tidak percaya diri, kisah percintaan, persahabatan.¬† Dari 4 kdrama itu banyak banget pesan moral yang ditampikan, tidak¬† sekedar love line atau harta, tahta, wanita serta azab yang mnseperti sinetron tipi ikan terbang.

Kalau di #ItaewonClass menceritakan tentang bagaimana perjuangan Park Sae-roy (Park Soe-joon) dan Jo Yi-seo (Kim Da-mi) dalam berbisnis makanan, Karena aku suka kulineran jadi seru ngikutin ceritanya. #DoYouLikeBrahm Park Joon-young (Kim Min-jae) dan Chae Song-ah (Park Eun-bin) berjuang mewujudkan mimpi mereka sebagai pemain musik, alur di drama ini agak lumayan lambat, tapi cukup menarik untuk diikuti. Lucu dan gemes melihat interaksi antara Joon-young dan Song-ah yang pemalu, karena gestur yang malu-malu itu banyak penikmat kdrama yang menjuluki mereka sebagai pasangan pesantren atau pasangan sopan.

Dalam #RecordOfYouth Sa Hye-jun (Park Bo-gum) dan Ahn Jung-ha (Park So-dam)¬† harus survive dengan impian mereka menjadi sukses dalam dunia entertainment. Hye-jun yang seorang model berjuang untuk menjadi aktor meskipun dalam perjalanannya banyak sekali tantangannya. Restu orang tua, masalah finansial, anggapan bahwa dunia entertainment bukan pekerjaan yang layak, tekanan media, Dominasi orang-orang yang mempunyai power dalam dunia entertainment, fans, sampai seluk beluk dunia modeling yang rawan masuk pergaulan yang “tak wajar” relate banget sama kerasnya kehidupan entertainer. Record of Youth ini seperti menceritakan perjalanan karir Bo-Gum.. Perjalanan Jung-ha yang seorang make-up artist juga nga kalah seru, dari dia bis sambil membawa banyak koper isi peralatan make-up, berjuang membuka salon sendiri dan eksis membuat konten di social media sebagai MUA juga relate banget dengan anak muda jaman sekarang. Urusan percintaan mereka juga terbilang seru, meskipun ending nya mereka putus dan ketemu lagi setelah mereka sukses meraih impiannya. Terbilang pasangan yang realistis, nga seperti tema kdrama lain yang final episode-nya selalu ditutup dengan adegan wedding atau beberapa tahun kemudian bercengkrama dengan anak-anak, di RoY episode akhirnya ngegantung.. entah balik lagi atau mereka jadi teman. mungkin ada season 2 kali yaa….

Terakhir yang sedang happening adalah #Startup  Pemerannya Seo Dal-mi (Bae Suzy) dan Nam Do-San (Nam Joo-hyuk) berkisah tentang  dunia rintisan (start-up) dengan setting dunia IT. perjalanan Dal-mi sebagai (CEO) dan Do-san sebagai (CTO) yang minim pengalaman, finansial dan kestabilan emosi menarik untuk disimak.. ada rasa degdegan, gemes ketika mereka memulai atau memutuskan sesuatu. bagi banyak orang yang sudah berpengalaman dalam suatu bisnis, kdrama startup bisa menjadi nostalgia mengingat-ingat ketika dulu kita berada di masa cupu dalam dunia bisnis. Bagi anak muda yang sedang belajar memasuki bisnis, Kdrama startup menjadi tempat pembelajaran sekaligus taman bermain. Makanya aku agak lumayan gemes dengan netizen yang ribet banget sampe perang kubu antara team Dosan atau team Ji-pyeong. Love line adalah sesuatu yang penting di kdrama tapi nga terlalu penting di start-up, karena yang bisa diambil dari drama ini adalah suka duka dalam memulai bisnis, banyak banget pelajaran yang diambil lhoo.. jangankan buat anak muda, buat saya yang bukan generasi muda dan sudah mengenal seluk beluk perbisnisan aja masih dapet insight yang menurutku berguna. Selama mengikuti start-up mau nga mau sering lihat postingan perang dari kedua team, baca komentarnya kadang suka ketawa sendiri, tapi kemudian pusing kalau lihat komen yang terlalu halu.

“Kenapa banyakan ceritain Do-San dan Dal-mi sih, kenapa buka Ji-pyeong dan Dal-mi?” –> Helloww… Di semua Kdrama juga yang pasti diceritain yaa Main lead-nya. Dan main lead di Start-up itu Do-san dan Dal-mi, ceritanya tentang anak muda pertengahan 20an yang lg mulai bisnis, memulai dari nol.. kalo Ji-pyeong khan ceritanya udah sukses, usia-nya udah 35th jadi kalo ceritanya berpusat tentang  Han Ji-pyeong (Kim Seon-ho) yang udah sukses ya bukan start-up lagi yang mulai dari nol hehehe… Kenapa cerita percintaannya bukan Ji-pyeong dan Dal-mi? Karena nga seumuran, karakternya beda dan background nya juga beda… Kalo Jidal nanti hubungannya jadi serius dan nga ada uwu uwu an, kekonyolan khas anak muda dong.. Ibarat kata Ji-pyeong, Haelmoni, Alex, emak bapaknya dosan, In-jae, emaknya Dal-mi itu cuma asesories dalam drama, pelengkap konflik gituu… Jadi jangan ngarep 2nd lead atau artis/aktor pendukung akan banyak diceritain. Start-up khan tentang perjuangan dari nol nya anak muda jadi wajar kalo yang jadi center nya Do-san dan Dal-mi… Plus kekonyolan anggota samsan tech yang seumuran, suka malu-maluin tapi ada aja cerita serunya..

Beberapa hal yang bisa digarisbawahi….. Untuk Anak muda yang ingin sukses, kejarlah mimpimu jangan takut jatuh. karena kalian masih punya tenaga, semangat dan waktu! …. dan bagi kita yang saat ini sudah berada di titik bukan anak muda lagi rasanya cukup re-charge semangat melihat perjuangan anak muda sekarang, sekaligus bernostalgia mentertawakan ke-cupu-an dan ambisi masa muda. tak pernah takut berlayar tanpa peta..

Jadi kalau kamu nonton Kdrama start-up, kamu team mana? #ehh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s