Ada Tarian Lumba-Lumba di Teluk Kiluan Lampung

IMG_8255eSaat ke Lampung Jangan lupa ke Teluk Kiluan atau Kiluan  bay. Konon kabarnya di daerah ini terkenal dengan  atraksi tarian lumba-lumbanya. Teluk Kiluan berada di pesisir Lampung bagian Selatan tepatnya di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tenggamus, Lampung Selatan. Perjalanan kesana membutuhkan waktu sekitar empat jam dari pelabuhan Bakauheni atau sekitar 11 sampai 12 jam perjalanan dari Jakarta. Meskipun menyimpan potensi wisata yang menawan, sayangnya pemerintah daerah Lampung belum menggarapnya dengan serius, Hampir separuh perjalanan menuju kesana saya jumpai Jalanan yang berlubang dan tidak terawat. Bahkan perjalanan saya bersama 4 orang teman sempat tersendat karena ada truk pengangkut hasil kebun yang terperosok ke lubang yang sangat dalam.

IMG_8251e     IMG_8261e

Meskipun harus melalui jalanan yang rusak tak menyurutkan niat saya untuk datang ke Teluk Kiluan karena sepanjang perjalanan mata kita akan dimanjakan oleh hamparan bukit yang hijau, Kolam-kolam pembuatan garam yang terdapat banyak kincir angin serta perumahan penduduk setempat. Tak sia-sia Perjalanan hampir 4 Jam dari Bakauheni karena ketika kita sampai di Teluk Kiluan kita disambut oleh pemandangan yang lebih Indah dari pemandangan sebelumnya.

IMG_8262e  IMG_8273e

Kami menunggu seorang teman yang sedang bernegosiasi sewa perahu yang akan membawa kami menyebrang pulau. Tak lama setelah itu sebuah Jukung atau perahu membawa kami menyebrang pulau. Tak sampai 20 menit kami sudah sampai di pantai dengan hamparan pasir yang lembut dan bersih. karena Lumba-lumba baru keluar di pagi hari, akhirnya kami memutuskan untuk berenang dan bermain di pantai.

IMG_8356e   IMG_8358e

IMG_8295e  IMG_8306e

Sayangnya mendekati sore hari hujan turun dengan lebatnya, kami harap-harap cemas ketika mendengar cerita dari pemandu bahwa karena cuaca yang tidak mendukung kemungkinan besar Lumba-lumba tak akan banyak keluar pada pagi hari, kalaupun ada yang keluar jumlahnya tidak banyak. Kamipun memutuskan untuk kembali ke Lampung kota dan berjanji untuk datang lagi ke Teluk Kiluan di lain hari, kebetulan 4 orang teman saya itu orang lampung dan mereka mengerti kondisi wisata  lain di Lampung.

IMG_8307e  IMG_8316e

IMG_8324e  IMG_8338e

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s