Bandros Atta, Kuliner ala Sukabumi yang Melegenda 

Bandros Atta Original + Bandrek + Susu
Wisata Kuliner Sukabumi kali ini saya akan membahas tentang Bandros Atta yang terletak di Jalan Gudang, Kebonjati, Cikole Sukabumi . Bandros adalah kue tradisional yang sudah terkenal dari jaman baheula (bahasanya jaman baheula) 

Bahan baku Bandros terdiri dari Kelapa muda sedang (tidak terlalu tua) yang diparut kasar, Tepung Beras, Santan kental dan garam.biasanya Bandros di masak dalam cetakan khusus. Beberapa orang mempunyai definisi sendiri tentang bandros. Dibeberapa daerah, kue serupa Bandros kadang disebut juga kue pukis atau kue pancong. Saya sendiri beranggapan makanan serupa bandros tapi rasanya gurih saya sebut kue pancong, sementara yang rasanya manis saya sebut bandros.


Proses pembuatan bandros atta

Baiklah kembali ke Bandros Atta, kabarnya pemilik atau pembuat pertamanya adalah Mbah Atta, Mbah Atta ini mulai eksis menjual bandros pada tahun 1973-an. Mbah Atta mewariskan resep bandros-nya secara turun menurun kepada generasi penerusnya hingga sampai saat ini, bandros Atta paling terkenal otentik diantara bandros-bandros lainnya di Sukabumi.
Meskipun Bandros Atta termasuk jajanan yang legendaris di Sukabumi, jangan berharap akan menjumpai sebuah resto atau kafe yang mewah. Bandros Atta terletak di pinggir jalan Gudang,  buka dari jam 8.30 malam sampai jam 6 pagi. Tapi meskipun terletak di pinggir jalan, justru itu yang menarik perhatian orang-orang yang sedang berburu kuliner sukabumi atau memang pelanggan tetap bandros Atta. Harap bersabar ketika hendak menikmati bandros Atta karena peminatnya cukup banyak maka kita harus rela antri untuk mendapatkan seporsi bandros yang menurut saya rasanya ajibbb 😍

Dibalik lezatnya Bandros Atta, Ada kerja keras Mamang-mamang ini 😁

Selain rasa Original, Bandros Atta melengkapi menu nya dengan Bandros rasa Cokelat, keju dan Cokelat keju. Bandros Original dijual dengan harga Rp 9.000 per cetakan, Rasa cokelat  Rp 10.000, rasa keju Rp 15.000 dan rasa Cokelat keju Rp 16.000. Biasanya pengunjung menikmati bandros ditemani teh, kopi, susu atau bandrek. Oiya selain bandros, di sini juga menjual telor ayam setengah matang yang disajikan dengan merica. Kabarnya menu telor setengah matang ini juga menjadi best seller items setelah bandros.

Penasaran dengan rasa bandros Atta? Ayolah main-main ke Sukabumi, nikmati sejuknya udara sukabumi dan beragam wisata kuliner-nya 😙

-N-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s