Kopi penyebab susah tidur?

Hampir jam 4 pagi, mata rasanya sulit diajak berkompromi. Di satu sisi badan sudah memohon untuk diistirahatkan, tapi mata dan otak menolak untuk beristirahat.

Daritadi bolak balik mikir, apa penyebab mata saya tetap  “cenghar” ? Saya berkesimpulan 6 cangkir kopi toraja yang saya sesap disaat mengerjakan PR materi promotion yang menjadi penyebabnya.

Kenapa berkesimpulan seperti itu?

Cukup lama saya tak merasakan kondisi seperti ini, hampir 1 tahun ini saya berusaha menerapkan pola (sok) hidup sehat 😁 mulai pertengahan Januari 2017 lalu saya memutuskan say no to minuman soda dan minuman berwarna.

Meskipun dalam pelaksanaannya ada beberapa kali cheating, tapi Alhamdulillah untuk soda dan minuman teh botolan instan bener-bener bisa dijauhi. Minuman berwarna yang masih agak menggoda itu adalah KOPI. Kenapa kopi? Karena seringkali dia hadir menemani di saat meeting atau ngopi ala-ala dengan teman atau kolega. Biasanya kopi yang diminum pun kopi yang sudah dicampur-campur ala kopi ngehits di kedai kopi masa kini. Kalaupun minum kopi yang agak serius paling hanya picollo yang ukurannya kecil.

Tapi tadi saya ngopi diluar kebiasaan, 6 cangkir kopi toraja yang ukuran cangkirnya 3x dari ukuran cangkir picollo sukses membuat saya menghianati janji suci untuk menjauhi minuman berwarna. Kopi Toraja yang dibawa langsung oleh sepupu dari tana toraja ini memang terlalu nikmat untuk diabaikan πŸ˜†

Tapi benarkah Kopi penyebab susah tidur? 

Saya pernah membaca (lupa sumbernya dari mana) bahwa kafein yang terkandung dalam kopi tak hanya berfungsi sebagai stimulan tetapi juga benar-benar memperlambat kinerja jam internal tubuh.

Keterlambatan kinerja jam internal tubuh ini disebabkan oleh tertundanya produksi Melatonin (hormon tidur) karena kafein yang terdapat pada kopi. Penundaan produksi Melatonin ini bisa berlangsung hingga 40 menit.

Jadi kebayang ya kalo tadi saya minum kopi pada pukul 23.00 dengan jumlah yang lumayan banyak, pantesan aja sampai hampir jam 4 pagi mata masih segar bugar πŸ˜‘

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah sulit tidur ini? 

Kalau saya sih biasanya punya trik jitu.. minum susu putih atau buat suasana kamar bener-bener tenang, no lamp and no gadget. Tapi kali ini trik diatas nga bisa dijalanin, pertama karena tidak punya stok susu putih, kedua tergoda movie marathon πŸ˜‰

Sambil movie marathon iseng sekalian ngeblog, Dinihari bersih-bersih blog yang lebih dari 1 tahun tak dirawat ternyata berhasil membuat mulut tak berhenti menguap.

So, Ingatlah.. sesuatu yang berlebihan itu buruk dampaknya. Selamat beristirahat! 😊

 

One thought on “Kopi penyebab susah tidur?

Leave a comment