Mengenal kekayaan alam Indonesia di Kampoeng Djamoe Organik

IMG_8518e Sebagai orang yang terlahir berdarah Jawa tulen (Ayah dan Ibu berasal dari Jawa Tengah) saya tak asing lagi dengan Jamu, rasa jamu yang kata orang pahit dan ‘langgu’ tidak pernah membuat saya berhenti untuk mengkonsumsinya. Dulu semasa kanak-kanak, pagi sebelum berangkat sekolah saya selalu minum jamu gendong langganan ibu, nama penjual jamu gendong itu Mbah Paikah. Biasanya Mbah Paikah menyajikan jamu buatannya dalam batok kelapa, sangat tradisional.

Karena pengalaman minum jamu dari kecil itu membuat saya mencandu dengan sesuatu  yang bernama jamu. sampai sekarang saya lebih memilih jamu ketika badan terasa ‘ngreges’  dibandingkan harus minum obat atau suplemen lain. meskipun saat ini bentuk jamu tak hanya seperti jamu gendong yang cair dan diletakkan dalam botol beling. saat ini jamu sudah dikemas dalam bentuk kapsul atau kaplet, tapi komposisinya yang berasal dari bahan-bahan alam membuat saya lebih menyukai jamu dibandingkan obat 🙂

Tanggal 2 Februari 2013 lalu saya dan teman-teman komunitas Depok Blogger diundang oleh Ibu Martha Tilaar untuk IMG_8516emengunjungi Kampoeng Djamoe Organik Martha Tilaar yang berada di Cikarang. Kebetulan acara kunjungan ke  Kampoeng Djamoe Organik Martha Tilaar itu bersamaan dengan Gathering YCPA –  Young Caring Professional Award. Pukul 7.30 pagi kami berkumpul di Plaza Semanggi, memasuki bis yang akan menngantar kami ke Cikarang  kami disambut oleh Staff dari PT Martina Berto yang sangat ramah dan berusaha menjelaskan detail perjalanan dan kegiatan kami di Kampoeng Djamoe Organik Martha Tilaar tersebut. Sambil menunggu para peserta Gathering datang kami sarapan kue-kue yang dikemas  dalam wadah yang sangat cantik 🙂 Pukul 8.00 kami mulai menuju Cikarang, dan sampai tujuan sekitar satu jam kemudian. Tak pernah terbayangkan sebelumnya di daerah bernama  Desa Sukaresmi, Kecamatan Cibarusah, Cikarang yang terkenal cukup gersang ada Lahan hijau yang luasnya sekitar  kurang lebih 9,5 hektar dan disana tumbuh ragam tanaman yang berfungsi sebagai obat.

Memasuki Area Kampoeng Djamoe Organik Martha Tilaar kami disambut dengan stand Dedaunan dan Biji-bijian yang dikeringkan, lalu kami menuju rumah manado, didalamnya kami disambut dengan Welcome drink berupa jamu, setelah minum welcome drink yang menyegarkan itu (ssstt saya minum dua gelas lhoo) kami mengisi daftar hadir dan kemudian kami dibagi dalam tiga kelompok yang akan mengelilingi Area Kampoeng Djamoe Organik.

KADO2      daun

Dedaunan dan Biji-bijian kering yang siap diramu menjadi jamu

IMG_8530e    IMG_8534e

Rumah Manado dan Welcome drink

IMG_8535e    IMG_8531e

Perjalanan menuju area kebun sangat asri, tak hanya  ada tumbuh-tumbuhan yang berfungsi sebagai obat, di Kampoeng Djamoe Organik dibangun Sawung yang difungsikan sebagai restaurant. dibawah ini adalah suasana disana 🙂

IMG_8544e    IMG_8543e

IMG_8541e    IMG_8546e

Pemandangan dan Saung yang berfungsi sebagai tempat makan

IMG_8539e     IMG_8579e

IMG_8554e    IMG_8555e

IMG_8564e    IMG_8571e

IMG_8590e  IMG_8589e

Setelah kami berkeliling mengenal tanaman dan fungsinya, kami juga belajar bagaimana proses mereka menjadi jamu seperti yang selama ini kita konsumsi.

KADO3 Proses pemilihan dan pencucian

125___02

Proses Pengeringan

KADO3

Daun dan Biji-bijian setelah dikeringkan

Kunjungan ke Kampoeng Djamoe Organik Tak hanya sekedar mengenal jamu, disini kami juga belajar cara berdandan dengan caring, sharing dengan para pemenang YCPA –  Young Caring Professional Award dan yang pasti takkan terlupakan adalah mendengarkan ibu Martha Tilaar yang bercerita bagaimana beliau memulai jatuh cinta dengan jamu dan bagaimana kiprah beliau di mata dunia, sangat mencerahkan 🙂

IMG_8646e    IMG_8621e

   IMG_8615e    IMG_8617e

Demikian sedikit cerita tentang kunjunga ke KaDO – Kampoeng Djamoe Organik Martha Tilaar di Cikarang, dibawah ini adalah alamat dan kontak personnya :

Kampoeng Djamoe Organik
Jl.Raya Cibarusah
Kawasan EJIP Pintu II,
Cikarang
Telp: 021-70110076 (Iqbal/Dedy)
Heru D. Wardana 021-91828384

Kunjungan singkat yang sarat ilmu, ingin rasanya kelak bisa kembali kesana untuk belajar lebih banyak lagi kekayaan alam Indonesia, bagaimana dengan anda?

Salam,

-N-

Advertisements

One thought on “Mengenal kekayaan alam Indonesia di Kampoeng Djamoe Organik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s